Secara geografis, sekarang ini kantor UPBJJ Manado atau UT Manado, terletak di wilayah administratif kota Manado, tepatnya berada di kelurahan winangun 2, Kecamatan malalayang, wilayah Manado selatan (klik disini).

Sejak dibuka tanggal, 04 September 1984 hingga 1994 wilayah pelayanan UPBJJ-UT Manado meliputi : 6 (enam) Kabupaten, 2 (dua) Kotamadya dan 1 (satu) kota Administratif yaitu Kabupaten Sangihe-Talaud, Kotamadya Manado, Kota Administratif Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Gorontalo, Kotamadya Gorontalo, Kabupaten Maluku Utara hingga Pulau Gebe Halmahera Tengah serta Kabupaten Luwuk – Banggai Sulawesi Tengah. Dengan terbukanya transportasi darat ke Luwuk – Banggai yang diikuti oleh pemekaran daerah maka terjadi perubahan wilayah pelayanan berturut-turut tahun 1994 pelayanan di wilayah Kabupaten Luwuk – Banggai dialihkan ke UPBJJ-UT Palu.

 

Tahun 2001 pelayanan mahasiswa di wilayah kabupaten dan kotamadya Gorontalo dialihkan ke UPBJJ-UT Gorontalo. Selanjutnya pada tahun 2004 pelayanan di Pulau Gebe Maluku Utara dialihkan ke UPBJJ-UT Ternate. Dengan peristiwa pengalihan wilayah tersebut maka wilayah pelayanan UPBJJ-UT Manado telah menjadi sempit tetapi tingkat kesulitan untuk menjangkau pusat belajar mahasiswa relatif tidak berubah karena wilayah kepulauan Sangihe dan Talaud masih berada di dalam wilayah administrasi provinsi Sulawesi Utara yang sekaligus juga merupakan wilayah administrasi pelayanan UPBJJ-UT Manado. Hal ini disebabkan satu-satunya alat transportasi yang murah dan terjangkau oleh kemampuan dana UPBJJ-UT Manado adalah kapal laut. Namun perkembangan jumlah dan frekuensi pelayaran relative tidak berubah dari tahun ke tahun yang ujung-ujungnya mempengaruhi juga kelancaran pelayanan mahasiswa UT di wilayah tersebut.

Setelah pemekaran wilayah layanan UPBJJ-UT Manado menjadi 15 Kabupaten/Kota, yaitu :

  1. Kabupaten Minahasa
  2. Kabupaten Minahasa Selatan
  3. Kabupaten Minahasa Tenggara
  4. Kabupaten Minahasa Utara
  5. Kota Bitung
  6. Kota Manado
  7. Kabupaten Kepulauan Talaud
  8. Kabupaten Kepulauan Sangihe
  9. Kabupaten Kepulauan Sitaro
  10. Kabupaten Bolaangmongondow
  11. Kabupaten Bolaangmongondow Utara
  12. Kabupaten Bolaangmongondow Selatan
  13. Kabupaten Bolaangmongondow Timur
  14. Kota Kotamobagu
  15. Kota Tomohon

Sebagai pendukung layanan kepada mahasiswa UPBJJ-UT Manado mempunyai sarana dan prasarana yang diawali ketika Universitas Terbuka berdiri pada tanggal 4 september 1984 pada saat yang sama UPBJJ-UT Manado juga dibuka. Pada saat itu kegiatan administrasi pendidikan menggunakan gedung yang dipinjam dari IKIP Negeri Manado. Pada waktu kampus IKIP Manado dipindahkan ke Tondano dan FIP IKIP Manado ke Tomohon , maka semua seluruh fasilitas gedung milik IKIP diserahkan kepada Universitas Sam Ratulangi Manado sebagai pemilik tanah lokasi kampus IKIP di Manado. Terkait dengan kepindahan kampus tersebut, maka pada hari Kamis 4 Januari 1995 Rektor IKIP Manado pada waktu itu Prof. DR. M. Wullur, MS. , menyerahkan gedung yang digunakan oleh UPBJJ-UT Manado kepada Rektor Universitas Sam Ratulangi Manado. Selanjutnya pada hari Senin, 20 Februari 1995 bertempat di UNSRAT Manado, Drs. H.J Mewengkang Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan bertindak atas nama Rektor Universitas Sam Ratulangi Manado (Prof. Drs. R.S Tangkudung) , menyerahkan gedung yang digunakan UPBJJ-UT Manado kepada Kepala UPBJJ-UT Manado yang pada waktu itu dijabat oleh Dra. J.Tirajoh Frederik yang bertindak atas nama Rektor Universitas Terbuka untuk menerima gedung UPBJJ-UT Manado ini.

Pada tahun 2011 bulan Januari, UPBJJ Manado berpindah kantor operasional ke gedung baru yang terletak di Jl. Sam Ratulangi, Winangun, Manado. Kantor operasional UPBJJ-UT Manado yang baru, mempunyai fasilitas yang lebih baik dan layak untuk proses  tutorial dan pelayanan ke mahasiswa. 

Sumber daya manusia sebagai daya dukung layanan di UPBJJ-UT Manado, terdiri dari :

 
No Jabatan Nama Email
1 Kepala UPBJJ-UT Manado Ir. Mulyadi, M.Si Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
2 Kepala Sub Bagian TU Fransiska T Pandey, S.IP Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
3 Koord. Registrasi dan Pengujian Benny Sigiro, S.AP, M.PA Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
4 Koord. BBLBA Cynthia Maria Siwi, S.AP., M.AP Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
5 Bendahara Pembantu Pengeluaran Tri Mariono, ST Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
6 Dosen Drs. Joutje Moonik, M.Pd Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
7 Dosen Drs. Ferry LS Korompis, M.Pd Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
8 Dosen Ronald J Pongantung, S.AP., M.AP Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
9 Dosen Vigilia Konda Montolalu, S.E., MM Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
10 Staf TU Wolter RS Mangindaan, SH Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
11 Staf TU Deibby de Breving, SE Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
12 Staf TU Agustina A Dumanauw Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
13 Staf TU Jultje Wotulo Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

Sarana pendukung layanan UPBJJ-UT Manado adalah sebagai berikut :

         
Gedung UPBJJ-UT Manado   Ruang Ujian Online   Ruang Kuliah