Rektor Universitas Terbuka Bapak Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph,D. menyerahkan Ijazah kepada 189 lulusan Universitas Terbuka Manado jenjang Sarjana (S1) pada Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) Tahun 2018 Kamis, 29 November 2018 Swiss-Belhotel Maleosan Manado.

 


Dihadapan Peserta UPI yang berasal dari Kab/Kota wilayah Sulawesi Utara yang didampingi keluarga masing-masing, Bapak Rektor UT menyampaikan selamat dan sukses bagi yang sudah diwisuda. Baginya mereka sudah teruji. "Tidak seperti Universitas Negeri lain seperti UNIMA dan UNSRAT. Mereka diasuh oleh para Dosen. Bapak Rektor UT mengatakan selain kesepian dalam belajar, kesulitan lain sering dihadapi para mahasiswa. Mencapai IPK 2,00 juga sangat sulit. Nilai sangat Objektif dan murni prestasi" dan UT terdepan dalam sistem belajar online, Satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang menerapkan Sistem Belajar Jarak Jauh oleh karena itu Bapak Menteri Ristekdikti meminta UT untuk menaikan jumlah mahasiswa untuk mendorong masyarakat di Daerah bisa mendapatkan Pendidikan Tinggi Negeri yang berkualitas yang murah tapi tidak murahan, tidak perlu ngekos tapi ngejos. Dimana jumlah penduduk indonesia yang mendapat Gelar Sarjana masih di bawah dibandingkan dengan Negara-negara lain.


Ibu Ir. Ida Zubaidah, M.A., Ed.D. selaku Direktur UT Manado mengatakan belajar dalam kemandirian tidak mudah. "Perlu motivasi. Dengan itu bisa selesai". Ibu Direktur UT Manado meminta semua belajar sepanjang hayat. Semua harus belajar di Universitas kehidupan. "Timbalah terus Ilmu yang berguna. Ikut serta dalam pembangunan bangsa". UT Manado sudah bekerja sama dengan berbagai pihak. itu diwujudkan dengan pengabdian kepada masyarakat, beasiswa dan banyak hal lagi.