MyUT

Image Alt

Universitas Terbuka Manado

  /  Informasi   /  Cara Registrasi Mata Kuliah Layanan Sipas dan Non Sipas Mahasiswa On going atau Lanjutan

Cara Registrasi Mata Kuliah Layanan Sipas dan Non Sipas Mahasiswa On going atau Lanjutan

Cara Registrasi Mata Kuliah Layanan SIPAS (Sistem Paket Semester)

  1. Login ke MyUT Akses laman myut.ut.ac.id dan masukkan NIM serta password Anda.
  2. Setelah berhasil login Pilih Menu Registrasi pada menu utama, klik “Registrasi” dan pilih submenu “Registrasi Mata Kuliah.
  3. Tentukan alamat tujuan pengiriman bahan ajar. Pastikan alamat yang dipilih sesuai dengan tempat tinggal mahasiswa untuk mempermudah pengiriman.
  4. Setelah alamat tujuan pengiriman bahan ajar terisi tentukan lokasi tempat ujian Pilih Lokasi Ujian
  5. Untuk layanan SIPAS, mahasiswa sudah ditentukan paket mata kuliah yang harus diambil, biaya paket mata kuliah sudah termasuk biaya bahan ajar. Klik tombol “Registrasikan Mata Kuliah” untuk menyelesaikan proses registrasi mata kuliah
  6. Jika data sudah sesuai, klik “Buat Tagihan”
  7. Lakukan pembayaran registrasi mata kuliah dengan nomor Virtual Account yang tertera di billing mahasiswa
  8. Untuk melakukan pembayaran melalui Mitra UT yaitu (BRI, BTN, Mandiri, BNI), Tokopedia, shopee atau Indomaret/Alfamart. 

Catatan:
-Jika sudah melakukan pembayaran silahkan verifikasi status tagihan di laman MyUT mahasiswa, pastikan sudah berstatus “LUNAS”
-Bila terdapat mata kuliah bentrok jam ujian silahkan diregistrasikan, skema Ujian Tatap Muka akan dialihkan ke Ujian Online
-Pembayaran hanya dilakukan melalui Mitra UT
-Periksa mata kuliah yang akan ditempuh, terutama jika ada mata kuliah “Sudah Ditempuh” yang perlu diganti dengan mata kuliah lain dari daftar pengganti paket
-Khusus mahasiswa dengan layanan SIPAS tapi sudah berstatus LMS (Lewat Masa Studi), lakukan registrasi mata kuliah secara satuan dengan mengacu pada Lembar Kemajuan Akademik Mahasiswa (LKAM) untuk mata kuliah yang ingin di ambil atau di perbaiki nilainya

*Panduan Registrasi Mata Kuliah Layanan SIPAS sl.ut.ac.id/sistempaketmdo

Cara Registrasi Mata Kuliah Layanan Non SIPAS (Non Sistem Paket Semester)

  1. Login ke MyUT Akses laman myut.ut.ac.id dan masukkan NIM serta password Anda.
  2. Setelah berhasil login Pilih Menu Registrasi pada menu utama, klik “Registrasi” dan pilih submenu “Registrasi Mata Kuliah.
  3. Tentukan alamat tujuan pengiriman bahan ajar. Pastikan alamat yang dipilih sesuai dengan tempat tinggal mahasiswa untuk mempermudah pengiriman.
  4. Setelah alamat tujuan pengiriman bahan ajar terisi tentukan lokasi tempat ujian Pilih Lokasi Ujian
  5. Untuk layanan Non SIPAS, mahasiswa dapat memilih dan meregistrasi mata kuliah secara satuan per semester, dengan biaya dihitung per SKS (Satuan Kredit Semester) dan bahan ajar dibeli terpisah, untuk memilih mata kuliah bisa mengacu pada katalog UT atau melalui Lembar Kemajuan Akademik Mahasiswa (LKAM) yang dapat di akses melalui laman MyUT
  6. Setelah kode mata kuliah di isikan klik “Tambah” cenatng pilihan “Tutorial Online” kemudian simpan billing
  7. Jika data sudah sesuai, klik “Buat Tagihan
  8. Lakukan pembayaran registrasi mata kuliah dengan nomor Virtual Account yang tertera di billing mahasiswa
  9. Untuk melakukan pembayaran melalui Mitra UT yaitu (BRI, BTN, Mandiri, BNI), Tokopedia, shopee atau Indomaret/Alfamart

Catatan:
-Bagi mahasiswa baru total SKS yang bisa di ambil yaitu maximal 20 SKS untuk semester 1 dan 2 sedangkan semester selanjutnya maximal 24 SKS
-Bila terdapat mata kuliah bentrok jam ujian silahkan diregistrasikan, skema Ujian Tatap Muka akan dialihkan ke Ujian Online
-Jika sudah melakukan pembayaran silahkan verifikasi status tagihan di laman MyUT mahasiswa, pastikan sudah berstatus “LUNAS”
-Pembayaran hanya dilakukan melalui Mitra UT
-Periksa mata kuliah yang akan ditempuh, terutama jika ada mata kuliah “Sudah Ditempuh” yang perlu diganti dengan mata kuliah lain

*Panduan Registrasi Mata Kuliah Non Sistem Paket sl.ut.ac.id/nonpaketmdo

**Mahasiswa dengan layanan SIPAS dan Non SIPAS yang lupa password MyUT silahkan lakukan reset akun melalui link sl.ut.ac.id/resetmyut setelah data di isikan kemudian klik “Reset Akun Ecampus” setelah direset password berubah default Ut+Tanggal lahir (Contoh : Ut01021998)

Salam sehat selalu
Terima kasih