MyUT

Sarjana (S1) Pasca Sarjana (S2 & S3) registrasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Sarjana (S1) Pasca Sarjana (S2 & S3) registrasi Pendaftaran Mahasiswa Baru

Skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS) terdiri dari SIPAS Non TTM, SIPAS Semi, SIPAS Penuh, SIPAS Plus, dan SIPAS Online. Adapun deskripsi komponen layanan setiap jenis SIPAS adalah sebagai berikut.

  1. SIPAS Non TTM, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, praktik/praktikum seluruh mata kuliah paket, Tutorial Online (Tuton), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Akhir Program (TAP), Karya Ilmiah, dan Pengambilan Ijazah.
  2. SIPAS Semi, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib maksimal 3 mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karya Ilmiah*) , Wisuda *), dan Pengambilan Ijazah.
  3. SIPAS Penuh, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karya Ilmiah *) , Wisuda *), dan Pengambilan Ijazah.
  4. SIPAS Plus, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karya Ilmiah *) , Wisuda *), Pengambilan Ijazah, dan pelatihan pengembangan diri.
  5. Non-SIPAS, layanan akademik dan administrasi akademik diberikan jika mahasiswa melakukan registrasi Mata Kuliah per sks.

Biaya pendidikan adalah biaya yang dikenakan kepada mahasiswa untuk penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan serta layanan administrasi akademik. Biaya pendidikan terdiri dari uang kuliah dan biaya layanan akademik lainnya. Uang kuliah UT tergantung dari skema layanan yang dipilih oleh mahasiswa yaitu skema layanan sistem paket semester (SIPAS) atau skema Non-SIPAS (per sks). Pembayaran biaya pendidikan dilakukan melalui Bank BTN, BRI, Bank Mandiri, BNI, Indomaret, Tokopedia, grup Alfa, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan PosPay.

Sarjana (S1)Pascasarjana (S2 & S3)

Sarjana (S1)

Biaya Layanan Akademik Lainnya Program Diploma

No. Program Studi Jenjang Tarif Per Semester (Rupiah)
Registrasi Ulang MK Registrasi Ulang PKM/ PKP Registrasi
Ulang
Praktik /
Praktikum
Registrasi
Ulang
TAP
Registrasi
Karya
Ilmiah
per sks per Mata kuliah per Mata
kuliah
per sks per Mata
kuliah
Rp Rp
A PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA UNTUK MAHASISWA DALAM NEGERI
1 Perpajakan Diploma III 35.000 450.000
2 Kearsipan Diploma IV 38.000 450.000
3 PGSD SIPAS Non TTM Sarjana 75.000 700.000
4 PGSD SIPAS Semi/AKPMM Sarjana 55.000 700.000
5 PGPAUD SIPAS Non TTM Sarjana 75.000 700.000
6 PG PAUD SIPAS Semi/AKPMM Sarjana 41.000 700.000
7 PG PAUD SIPAS Penuh/Masukan Sarjana Sarjana 41.000 700.000
8 PGSD Masukan Sarjana Sarjana 41.000 700.000 200.000
9 Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini
(PGPAUD)
Sarjana 41.000 700.000 200.000
10 Program Diploma dan
Sarjana lainnya
41.000 200.000*)
B PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA UNTUK MAHASISWA MALAYSIA   
1 PGSD SIPAS Semi Sarjana 41.000 900.000
2 PGSD SIPAS Penuh Sarjana 41.000 900.000

 

*) Biaya registrasi pertama mata kuliah Karya Ilmiah di luar Uang Kuliah akan diberlakukan mulai semester 2023/2024 Genap (2024.1).

Biaya Uang Kuliah dan Layanan Akademik Lainnya per Semester Program Diploma dan Sarjana Non Sistem Paket Semester, serta informasi selengkapnya terdapat pada Katalog Sistem Penyelenggaraan.

Rincian Biaya Kuliah di Universitas Terbuka Skema Sistem Paket Semester

No. Program Studi Jenjang Tarif Per Semester Berdasarkan Jenis Paket Layana
SIPAS Non TTM SIPAS Semi SIPAS Penuh SIPAS Plus
Rp Rp Rp Rp
A. Program Diploma
1 Perpajakan Diploma III 1.150.000
2 Kearsipan Diploma IV  1.150.000 1.600.000  2.220.000 2.400.000
B. Program Sarjana
1 PGSD AKPMM  Sarjana  1.600.000  1.700.000
2 PGSD Masukan Sarjana  Sarjana  2.700.000
3 PGPAUD AKPMM  Sarjana  2.000.000  2.500.000
4 PGPAUD (untuk mahasiswa dengan paket tertinggal MR I sebelum 2017.1)  Sarjana  1.600.000  1.900.000
5 PGPAUD Masukan Sarjana  Sarjana  3.300.000
6 Perencanaan Wilayah dan Kota  Sarjana  1.750.000  2.400.000
7 Sistem Informasi  Sarjana  1.800.000
8 Pariwisata  Sarjana  1.900.000  2.600.000  3.200.000  3.400.000
9 Program Sarjana lainnya FEB, FHISIP, FST, FKIP  Sarjana 1.300.000    1.750.000  2.200.000  2.400.000
C. Program Diploma dan Sarjana untuk Mahasiswa Luar Negeri
1 Mahasiswa di Luar Negeri FEB, FHISIP, FST, FKIP Non PGSD dan Non PGPAUD  Sarjana  1.750.000
2 Mahasiswa di Malaysia FKIP
PGSD  Sarjana   3.200.000  3.650.000
FKIP PGPAUD  Sarjana  3.300.000

Pascasarjana (S2 & S3)

Tarif Biaya Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka Dengan Registrasi Pertama Tahun Akademik 2022/23.2 (2023.1) dan 2023/24.1 (2023.2)

No. Jenis Tarif Satuan (Rp) Komponen Layanan
A. Biaya Pendidikan Program Magister Bagi Mahasiswa di dalam Negeri
1 Tes Masuk 750.000/Peserta
2 Uang Kuliah PPS Program Magister Online 8.500.000/semester Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ), Layanan Administrasi Akademik, Bahan Ajar Cetak, Transkrip sementara, Tutorial Online(Tuton), Tutorial Webinar (Tuweb), Bimbingan Tesis Residensial (BTR), Publikasi Karya Ilmiah, Ujian Akhir Semester (UAS), Ijazah.
3 Biaya Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka
a Magister Manajemen (MM) 8.500.000/semester LPKBJJ, Layanan Administrasi Akademik, Bahan Ajar Cetak, Transkrip sementara, Tutorial Tatap Muka (TTM), Tuton, BTR, Publikasi Karya Ilmiah*), UAS, Ijazah.
b Magister Ilmu Administrasi Bidang Administrasi Publik (MAP) 8.500.000/semester
c Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) 8.500.000/semester
d Magister Pendidikan Matematika (MPMt) 8.500.000/semester
e Magister Pendidikan Dasar (MPDr) 8.500.000/semester
f Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan (MMP) 8.500.000/semester
g Magister Studi Lingkungan (MSL)
– Biaya Kuliah 8.500.000/mahasiswa
– Biaya Program Matrikulasi 100.000/sks mata kuliah matrikulasi
4 Ujian Sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM) 6.000.000/mahasiswa
5 Registrasi Ulang Mata Kuliah 1.000.000/mata kuliah Tutorial dan Ujian Akhir Semester
6 Layanan Administrasi Lewat Masa Studi 1.000.000/semester
7 Wisuda/Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) 1.000.000

*) Publikasi hanya di jurnal Universitas Terbuka, biaya produksi di luar jurnal Universitas Terbuka ditangggung oleh mahasiswa

Tarif Biaya Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka Dengan Registrasi Pertama Sebelum Masa 2022/23.2 (2023.1)

No. Jenis Tarif Satuan (Rp) Komponen Layanan
A. Biaya Pendidikan Program Magister Bagi Mahasiswa di dalam Negeri
1 Tes Masuk 750.000/Peserta
2 Uang Kuliah PPS Program Magister Online 7.450.000/semester Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ), Layanan Administrasi Akademik, Bahan Ajar Cetak, Transkrip sementara, Tutorial Online (Tuton), Tutorial Webinar (Tuweb), Bimbingan Tesis Residensial (BTR), Publikasi Karya Ilmiah, Ujian Akhir Semester (UAS), Ijazah.
3 Biaya Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka Tipe A Semester 1 (satu) sampai dengan 4 (empat)
a Magister Manajemen (MM) 7.450.000/semester LPKBJJ, Layanan Administrasi Akademik, Bahan Ajar Cetak, Transkrip sementara, Tutorial Tatap Muka (TTM), Tuton, BTR, Publikasi Karya Ilmiah*), UAS, Ijazah.
b Magister Ilmu Administrasi Bidang Administrasi Publik (MAP) 7.450.000/semester
c Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) 7.450.000/semester
d Magister Pendidikan Matematika (MPMt) 7.450.000/semester
e Magister Pendidikan Dasar (MPDr) 7.450.000/semester
f Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan (MMP) 7.450.000/semester
4 Magister Studi Lingkungan (MSL)
a Biaya Admisi 750.000/peserta
b Biaya Program Matrikulasi 100.000/sks mata kuliah Matrikulasi
c Uang Kuliah per Semester **) 8.000.000/semester
d Biaya Ujian Sidang Tugas Akhir Program 6.500.000/mahasiswa
e Registrasi Ulang Mata Kuliah 1.000.000/mata kuliah
f Registrasi Lewat Masa Studi 1.000.000/semester
5 Ujian Sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM) Tipe A
a Ujian Sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM) 6.000.000/mahasiswa
b Registrasi Ulang Mata Kuliah 1.000.000/mata kuliah Tutorial dan Ujian Akhir Semester
c Layanan Administrasi Lewat Masa Studi 1.000.000/semester
6 Biaya Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka Tipe B Semester 1 (satu) sampai dengan 4 (empat)
a Magister Manajemen (MM) 9.350.000/semester LPKBJJ, Layanan Administrasi Akademik, Bahan Ajar Cetak, Transkrip sementara, Tutorial Tatap Muka (TTM), Tuton, BTR, Publikasi Karya Ilmiah*), UAS, Ijazah.
b Magister Ilmu Administrasi Bidang Administrasi Publik (MAP) 9.350.000/semester
c Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) 9.350.000/semester
d Magister Pendidikan Matematika (MPMt) 9.350.000/semester
e Magister Pendidikan Dasar (MPDr) 9.350.000/semester
f Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan (MMP) 9.350.000/semester
7 Ujian Sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM) Tipe B
a Ujian Sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM) 7.900.000/mahasiswa
b Registrasi Ulang Mata Kuliah 1.000.000/semester Tutorial dan Ujian Akhir Semester
c Layanan Administrasi Lewat Masa Studi 1.000.000/semester

*) Publikasi hanya di jurnal Universitas Terbuka, biaya produksi di luar jurnal Universitas Terbuka ditangggung oleh mahasiswa

Tarif Biaya Pendidikan Doktor Universitas Terbuka

No. Jenis Tarif Doktor (Rp)
1 Biaya Admisi 1.000.000/peserta
2 Biaya Program Matrikulasi 6.000.000/peserta
3 Uang Kuliah per Semester **) 12.500.000/semester
4 Biaya Ujian Sidang Tugas Akhir Program 8.000.000/mahasiswa
5 Registrasi Ulang Mata Kuliah 1.000.000/mata kuliah
6 Registrasi Lewat Masa  Studi 1.000.000/semester

*) Tarif dapat berubah sesuai dengan peraturan yang berlaku **) Untuk Program Doktor Semester I-VIII

Biaya Layanan Akademik Lainnya

No Jenis Layanan Satuan Tarif
1 Biaya pendaftaran mahasiswa baru Per pendaftaran Rp 100.000,00
2 Biaya pengusulan RPL Per pengusulan Rp 300.000,00
3 Penggantian Kartu Mahasiswa Per kartu Rp 300.000,00
4 Bahan Ajar (Non-SIPAS) Per buku Sesuai harga bahan ajar
5 TTM Atpem *) Per mata kuliah Rp 150.000,00
6 Ujian Online (UO) Per mata kuliah Rp 150.000,00
7 Biaya Administrasi Bank Per transaksi Sesuai biaya Bank BTN, Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BNI
8 Biaya Wisuda **) Per mahasiswa Rp 750.000,00
9 Biaya Penerbitan Salinan dan Legalisasi Ijazah dan Transkrip Nilai Per set (10 Lembar) Rp 50.000,00
10 Biaya Penerbitan Salinan dan Legalisasi Ijazah dan Transkrip L Per Satuan Per Paket Rp 150.000,00
Sarjana (S1)Pascasarjana (S2 & S3)

Persyaratan Umum

Lulusan SLTA/D3/D4/S1/Paket C

Upload Pas Foto (3x4)

KTP Asli

Fotocopy Ijazah Terakhir (Legalisir Cap Basah)

Formulir Tanda Tangan Mahasiswa

Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen

Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen

FKIP

Prodi PGSD - PGPAUD

Upload FotoCopy SK CPNS / Yayasan

Surat Keterangan Mengajar (min. 1 tahun)

PGSD & PGPAUD Prajabatan (Pre Service) tidak harus memiliki pengalaman mengajar / surat keterangan pernah mengajar

Alih Kredit

Berkas pendukung alih kredit

Fotocopy Transkrip Nilai (Legalisir Cap Basah)

Screenshot PDDIKTI/Surat Penyelenggaraan

Daftar Riwayat Hidup

Sertifikat Akreditasi Program Studi

Ijazah SLTA/Sederajat Asli

Pendidikan Agama Islam (Non Guru)

Persyaratan Umum FKIP Program Studi Pendidikan Agama Islam

Berijazah MA/Satuan Pendidikan Muadalah setara MA

Berijazah SMA/SMK/Kejar Paket C yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an

Pendidikan Agama Islam (Guru)

Persyaratan Umum FKIP Program Studi Pendidikan Agama Islam

Berijazah MA/Satuan Pendidikan Muadalah setara MA

Berijazah SMA/SMK/Kejar Paket C yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an

Memiliki Surat Keterangan Mengajar (min. 1 tahun)

Persyaratan yang harus dimiliki calon mahasiswa SPs-UT sebagai berikut:

  1. Mempunyai akses jaringan Internet, baik milik sendiri, kantor, sewa, ataupun menggunakan fasilitas umum.
  2. Mampu menggunakan Internet untuk berkomunikasi dan mengunduh (download) atau mengunggah (upload) informasi dan data.
  3. Memiliki alamat email (email account) yang aktif yang akan digunakan untuk berkomunikasi selama menjadi mahasiswa SPs-UT.

Persyaratan Pendaftaran & Seleksi Magister Universitas Terbuka

PERSYARATAN BERKAS

  1. Mengunggah kelengkapan berkas pendaftaran berupa:
    • Ijazah dan Transkrip S1 yang telah dilegalisasi;
    • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
    • Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
    • Sertifikat akreditasi program studi (Ijazah S1/D-IV dilengkapi transkrip dari calon mahasiswa harus berasal dari perguruan tinggi yang mendapatkan izin penyelenggaraan dari Dikti (harus terdaftar di PDDikti/Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) atau dari universitas luar negeri yang ijasahnya disetarakan S1 oleh Dikti. Apabila data PT asal tidak terdaftar pada PDDikti, diperlukan surat dari PT asal atau pihak berwenang lain yang menyatakan PT asal pernah terdaftar pada PDDikti) pada tahun lulus ijazah .
    • Bukti telah mengikuti Tes Bahasa Inggris pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal setara nilai ITP-TOEFL 450 (Jika ada).Sertifikat TOEFL yang diakui UT adalah ITP-TOEFL. UT juga mengakui tes iBT-TOEFL, IELTS, dan Tes Bahasa Inggris dari Lembaga/Pusat Bahasa Perguruan Tinggi dengan konversi skor seperti tertera di atas.
    • Bukti telah mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masingmasing minimal setara nilai TPA 450 (Jika ada). Sertifikat TPA yang diakui UT adalah TKDA dari PLTI dan TPA dari Bappenas
    • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
    • Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
    • Formulir Isian Pasfoto dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
    • Rancangan penelitian singkat (1.000-1.500 kata) untuk tesis (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);.
    • Surat Izin Mengikuti Program Magister dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah(Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
    • Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
    • Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD)).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb)
  2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 750.000,00 (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) melalui bank mitra UT, yaitu: BRI, Bank Mandiri, BTN, atau BNI.
  3. Mengikuti seleksi administrasi dan tes masuk program S2, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan

SELEKSI

Kegiatan seleksi terdiri atas tiga tahap berikut.

  1. Seleksi administrasi (kelengkapan, otensitas, dan kesesuaian berkas pendaftaran)
  2. Tes masuk, dengan materi:
    • Tes Potensi Akademik (TPA)/Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA);
    • TOEFL/TOEP; dan
    • Tes Substansi.

Persyaratan Mengikuti Program Magister Universitas Terbuka

Calon mahasiswa yang dapat mengikuti pendidikan di Program Pascasarjana Universitas Terbuka harus memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan ketentuan dan telah dinyatakan lulus tes masuk. Hal-hal yang terkait dengan persyaratan ijazah dan tes masuk sebagai berikut.

Program yang Ditawarkan Persyaratan
Magister Manajemen (MM)
1.    Sarjana (S1) dari semua disiplin ilmu dengan IPK minimal 2,75.
2.    Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM minimal B atau Baik Sekali pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010).
Magister Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik (MAP)
1.   Sarjana (S1) atau Diploma IV(D-IV) dari semua disiplin ilmu dengan IPK minimal 2,50.
2.   Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM minimal B atau Baik Sekali pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010).
Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI)
1.     Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa Inggris atau Bahasa dan Sastra Inggris dengan IPK minimal 2,50.
2.     Guru  Bahasa Inggris atau dosen Bahasa Inggris atau widyaiswara Bahasa Inggris atau pengajar kursus Bahasa Inggris (dibuktikan dengan SK dari Dinas P&K atau SK Yayasan/institusi penyelenggara pendidikan).
3.     Praktisi/pengembang materi pembelajaran bahasa Inggris.
4.     Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010).
Magister Pendidikan Matematika (MPMt)
1.  Sarjana (S1) Matematika, atau S1 Pendidikan     Matematika, Sarjana (S1) Statistika, S1 Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi dengan IPK minimal 2,50.
2.  Berstatus guru bidang studi Matematika, widyaiswara bidang Matematika, dosen bidang Matematika, atau pengajar kursus Matematika (ditunjukkan dengan SK dari Dinas P&K atau SK Yayasan/institusi penyelenggara pendidikan).
3. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010).
Magister Pendidikan Dasar (MPDr)
1.  Sarjana (S1) Pendidikan Dasar atau Sarjana (S1) Ilmu Pendidikan lainnya dengan IPK minimal 2,50.
2   Sarjana (S1) Non Kependidikan dan telah memiliki Akta Mengajar dengan IPK minimal 2,50.
3. Telah menjadi guru SD atau SMP atau Tenaga Kependidikan pada tingkat SD atau SMP (dibuktikan dengan SK dari Dinas P&K atau SK Yayasan).
4.  Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM Minimal B atau Baik Sekali pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010).
Magister Pendidikan Anak Usia Dini (MPAD)
1.   Sarjana (S1) Pendidikan atau Sarjana Psikologi atau Sarjana Bimbingan Konseling dengan IPK minimal 2,50.
2.   Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM.
Magister Manajemen Perikanan (MMP)
1.   Sarjana (S1) Ilmu Perikanan, atau Sarjana (S1) bidang keilmuan yang serumpun dengan Ilmu Perikanan, atau Diploma IV (D-IV) bidang Perikanan dengan IPK minimal 2,50.
2.   Sarjana (S1) non perikanan yang sudah bekerja dalam bidang perikanan dan atau kelautan minimal 5 tahun secara terus menerus (dikuatkan dengan SK terkait).
3.   Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010).
Program Magister Studi Lingkungan (MSL)
1.    Sarjana (S1) atau Diploma IV (D-IV) berbagai bidang ilmu atau bidang profesi dengan IPK minimal 2,50.
2.    Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM atau Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum 2010).

Catatan:

  • Apabila data PT asal tidak terdaftar pada PDDikti, diperlukan surat dari PT asal atau LLDikti yang menyatakan PT asal pernah terdaftar pada PDDikti.
  • Hasil tes masuk masih berlaku selama 2 (dua) semester terhitung sejak calon mahasiswa dinyatakan lulus tes masuk.

Persyaratan Pendaftaran & Seleksi Dokter Universitas Terbuka

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  1. Latar belakang Pendidikan
    • Sekurang-kurangnya telah lulus pendidikan jenjang S2 dari program studi yang terakreditasi minimum B.
    • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kelulusan minimum 3,00.
  2. Melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa program doktor dengan mengisi formulir pendaftaran.Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman UT (http://www.ut.ac.id) pada menu UT Online submenu “Registrasi Online, sesuai dengan jadwal dalam yang telah ditetapkan PPs-UT.
  3. Mengunggah kelengkapan berkas pendaftaran berupa:
    • Ijazah dan Transkrip S2 (hasil scan dokumen asli, @ satu lembar);
    • Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
    • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
    • Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
    • Formulir Isian Pasfoto, Sidik Jari, dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
    • Rancangan penelitian singkat (2.500-3.000 kata) untuk Tugas Akhir Program Doktor/TAPD (Disertasi) (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);
    • Surat Izin Mengikuti Program Doktor UT dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah(Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
    • Bukti telah mengikuti TPA/TKDA dan TOEFL/IELTS/TOEP dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal 500 untuk TPA/TKDA dan TOEFL/TOEP atau 5,0 untuk IELTS;
    • Rekomendasi Kelayakan mengikuti program doktor dari dosen S2, atasan, dan/atau sejawat (dua rekomendasi) (Lampiran 5 PDF) (Lampiran 5 WORD);
    • Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
    • Surat pernyataan kesiapan mengikuti program pendidikan doktor, sesuai dengan ketentuan UT, apabila dinyatakan lolos seleksi calon mahasiswa Program S3 UT (Lampiran 7 PDF) (Lampiran 7 WORD); serta
    • Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb)
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp1.000.000,00 (Satu Juta Rupiah) melalui bank mitra UT, yaitu: BRI, Bank Mandiri, BTN, atau BNI.
  5. Mengikuti seleksi administrasi dan tes masuk program S3, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan

SELEKSI

Kegiatan seleksi terdiri atas tiga tahap berikut.

  1. Seleksi administrasi (kelengkapan, otensitas, dan kesesuaian berkas pendaftaran)
  2. Tes masuk, dengan materi:
    • Tes Potensi Akademik (TPA)/Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA);
    • TOEFL/TOEP; dan
    • Tes Substansi.
  3. Wawancara

Mobile Banking

BRImo

Login aplikasi BRImo

Pilih menu BRIVA

Pilih Buat Pembayaran Baru

Masukkan nomor Virtual account BRI pada billing

Klik Lanjutkan

Periksa Transaksi lalu klik Bayar

Masukkan PIN BRImo

Klik OK, kemudian simpan bukti bayar

BNI Mobile

Login aplikasi BNI Mobile Banking

Pilih menu Pembayaran

Pilih Biaya Pendidikan

Pilih Universitas Terbuka

Masukkan nomor tagihan billing

Masukkan password

Klik Lanjut dan Selesai, kemudian simpan bukti bayar

Livin Mandiri

Login aplikasi Livin Mandiri

Pilih menu Bayar

Pilih Buat Pembayaran Baru

Pilih menu Pendidikan

Pilih Universitas Terbuka

Masukkan nomor tagihan billing

Klik Lanjut dan Konfirmasi

Klik Lanjut dan Selesai, kemudian simpan bukti bayar

BTN Mobile

Login aplikasi BTN Mobile Banking

Pilih menu Pembayaran

Pilih kategori Pendidikan

Pilih Universitas Terbuka

Pilih tipe pembayaran SPP

Masukin nomor tagihan billing

Klik Kirim

Masukkan PIN dan M-Token lalu Kirim, simpan bukti bayar.

BSI Mobile

Login aplikasi BSI Mobile Banking

Pilih menu Bayar

Pilih Akademik

Masukkan kode UT yaitu 2639

Masukin nomor tagihan billing

Proses pembayaran dengan verifikasi akun BSI mobile

Setelah selesai, simpan bukti bayar.

ATM

ATM Bank BRI

Pilih menu PEMBAYARAN/PEMBELIAN

Pilih PENDIDIKAN

Masukkan kode 009

Masukkan nomor tagihan billing

Setelah muncul konfirmasi Nama Pembayar dan Jumlah Pembayaran, kemudian pilih Ya

Simpan bukti bayar

ATM Bank Mandiri

Simpan bukti bayar

Pilih menu PEMBAYARAN/PEMBELIAN

Pilih PEMBAYARAN TAGIHAN

Pilih BIAYA PENDIDIKAN

Masukkan nomor tagihan billing

Setelah muncul Nama Pembayar dan Jumlah Pembayaran, pilih Lanjut

ATM Bank BNI

Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA

Pilih PEMBAYARAN

Masukkan kode 0115

Masukkan nomor tagihan billing

Setelah muncul konfirmasi Nama Pembayar dan Jumlah Pembayaran, kemudian pilih Ya

Simpan bukti bayar

ATM Bank BTN

Pilih menu “semua kategori” dan pilih “Biaya Pendidikan”

Pilih Universitas Terbuka (UT)

Masukkan Nomor Tagihan

Pilih metode pembayaran dan selesaikan pembayaran

Simpan bukti pembayaran

E-Commerce

Alfa Group

Akses LIP Pembayaran Anda dengan login di My UT

Tunjukkan LIP pembayaran atau nomor tagihan kepada petugas kasir

Lakukan proses pembayaran dan

Simpan bukti bayar

Indomaret

Akses LIP Pembayaran Anda dengan login di My UT

Tunjukkan LIP pembayaran atau nomor tagihan kepada petugas kasir

Lakukan proses pembayaran dan

Simpan bukti bayar

Tokopedia

Pilih menu “semua kategori” dan pilih “Biaya Pendidikan”

Pilih Universitas Terbuka (UT)

Masukkan Nomor Tagihan

Pilih metode pembayaran dan selesaikan pembayaran

Simpan bukti bayar

Skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS) terdiri dari SIPAS Non TTM, SIPAS Semi, SIPAS Penuh, SIPAS Plus, dan SIPAS Online. Adapun deskripsi komponen layanan setiap jenis SIPAS adalah sebagai berikut.

  1. SIPAS Non TTM, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, praktik/praktikum seluruh mata kuliah paket, Tutorial Online (Tuton), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Akhir Program (TAP), Karya Ilmiah, dan Pengambilan Ijazah.
  2. SIPAS Semi, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib maksimal 3 mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karya Ilmiah*) , Wisuda *), dan Pengambilan Ijazah.
  3. SIPAS Penuh, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karya Ilmiah *) , Wisuda *), dan Pengambilan Ijazah.
  4. SIPAS Plus, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karya Ilmiah *) , Wisuda *), Pengambilan Ijazah, dan pelatihan pengembangan diri.
  5. Non-SIPAS, layanan akademik dan administrasi akademik diberikan jika mahasiswa melakukan registrasi Mata Kuliah per sks.

Biaya pendidikan adalah biaya yang dikenakan kepada mahasiswa untuk penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan serta layanan administrasi akademik. Biaya pendidikan terdiri dari uang kuliah dan biaya layanan akademik lainnya. Uang kuliah UT tergantung dari skema layanan yang dipilih oleh mahasiswa yaitu skema layanan sistem paket semester (SIPAS) atau skema Non-SIPAS (per sks). Pembayaran biaya pendidikan dilakukan melalui Bank BTN, BRI, Bank Mandiri, BNI, Indomaret, Tokopedia, grup Alfa, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan PosPay.

Biaya Layanan Akademik Lainnya

No Jenis Layanan Satuan Tarif
1 Biaya pendaftaran mahasiswa baru Per pendaftaran Rp 100.000,00
2 Biaya pengusulan RPL Per pengusulan Rp 300.000,00
3 Penggantian Kartu Mahasiswa Per kartu Rp 300.000,00
4 Bahan Ajar (Non-SIPAS) Per buku Sesuai harga bahan ajar
5 TTM Atpem *) Per mata kuliah Rp 150.000,00
6 Ujian Online (UO) Per mata kuliah Rp 150.000,00
7 Biaya Administrasi Bank Per transaksi Sesuai biaya Bank BTN, Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BNI
8 Biaya Wisuda **) Per mahasiswa Rp 750.000,00
9 Biaya Penerbitan Salinan dan Legalisasi Ijazah dan Transkrip Nilai Per set (10 Lembar) Rp 50.000,00
10 Biaya Penerbitan Salinan dan Legalisasi Ijazah dan Transkrip L Per Satuan Per Paket Rp 150.000,00
Sarjana (S1)Pascasarjana (S2 & S3)

Persyaratan Umum

Lulusan SLTA/D3/D4/S1/Paket C

Upload Pas Foto (3x4)

KTP Asli

Fotocopy Ijazah Terakhir (Legalisir Cap Basah)

Formulir Tanda Tangan Mahasiswa

Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen

Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen

FKIP

Prodi PGSD - PGPAUD

Upload FotoCopy SK CPNS / Yayasan

Surat Keterangan Mengajar (min. 1 tahun)

PGSD & PGPAUD Prajabatan (Pre Service) tidak harus memiliki pengalaman mengajar / surat keterangan pernah mengajar

Alih Kredit

Berkas pendukung alih kredit

Fotocopy Transkrip Nilai (Legalisir Cap Basah)

Screenshot PDDIKTI/Surat Penyelenggaraan

Daftar Riwayat Hidup

Sertifikat Akreditasi Program Studi

Ijazah SLTA/Sederajat Asli

Pendidikan Agama Islam (Non Guru)

Persyaratan Umum FKIP Program Studi Pendidikan Agama Islam

Berijazah MA/Satuan Pendidikan Muadalah setara MA

Berijazah SMA/SMK/Kejar Paket C yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an

Pendidikan Agama Islam (Guru)

Persyaratan Umum FKIP Program Studi Pendidikan Agama Islam

Berijazah MA/Satuan Pendidikan Muadalah setara MA

Berijazah SMA/SMK/Kejar Paket C yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an

Memiliki Surat Keterangan Mengajar (min. 1 tahun)

Persyaratan yang harus dimiliki calon mahasiswa SPs-UT sebagai berikut:

  1. Mempunyai akses jaringan Internet, baik milik sendiri, kantor, sewa, ataupun menggunakan fasilitas umum.
  2. Mampu menggunakan Internet untuk berkomunikasi dan mengunduh (download) atau mengunggah (upload) informasi dan data.
  3. Memiliki alamat email (email account) yang aktif yang akan digunakan untuk berkomunikasi selama menjadi mahasiswa SPs-UT.

Persyaratan Pendaftaran & Seleksi Magister Universitas Terbuka

PERSYARATAN BERKAS

  1. Mengunggah kelengkapan berkas pendaftaran berupa:
    • Ijazah dan Transkrip S1 yang telah dilegalisasi;
    • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
    • Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
    • Sertifikat akreditasi program studi (Ijazah S1/D-IV dilengkapi transkrip dari calon mahasiswa harus berasal dari perguruan tinggi yang mendapatkan izin penyelenggaraan dari Dikti (harus terdaftar di PDDikti/Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) atau dari universitas luar negeri yang ijasahnya disetarakan S1 oleh Dikti. Apabila data PT asal tidak terdaftar pada PDDikti, diperlukan surat dari PT asal atau pihak berwenang lain yang menyatakan PT asal pernah terdaftar pada PDDikti) pada tahun lulus ijazah .
    • Bukti telah mengikuti Tes Bahasa Inggris pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal setara nilai ITP-TOEFL 450 (Jika ada).Sertifikat TOEFL yang diakui UT adalah ITP-TOEFL. UT juga mengakui tes iBT-TOEFL, IELTS, dan Tes Bahasa Inggris dari Lembaga/Pusat Bahasa Perguruan Tinggi dengan konversi skor seperti tertera di atas.
    • Bukti telah mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masingmasing minimal setara nilai TPA 450 (Jika ada). Sertifikat TPA yang diakui UT adalah TKDA dari PLTI dan TPA dari Bappenas
    • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
    • Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
    • Formulir Isian Pasfoto dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
    • Rancangan penelitian singkat (1.000-1.500 kata) untuk tesis (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);.
    • Surat Izin Mengikuti Program Magister dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah(Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
    • Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
    • Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD)).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb)
  2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 750.000,00 (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) melalui bank mitra UT, yaitu: BRI, Bank Mandiri, BTN, atau BNI.
  3. Mengikuti seleksi administrasi dan tes masuk program S2, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan

SELEKSI

Kegiatan seleksi terdiri atas tiga tahap berikut.

  1. Seleksi administrasi (kelengkapan, otensitas, dan kesesuaian berkas pendaftaran)
  2. Tes masuk, dengan materi:
    • Tes Potensi Akademik (TPA)/Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA);
    • TOEFL/TOEP; dan
    • Tes Substansi.

Persyaratan Mengikuti Program Magister Universitas Terbuka

Calon mahasiswa yang dapat mengikuti pendidikan di Program Pascasarjana Universitas Terbuka harus memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan ketentuan dan telah dinyatakan lulus tes masuk. Hal-hal yang terkait dengan persyaratan ijazah dan tes masuk sebagai berikut.

Program yang Ditawarkan Persyaratan
Magister Manajemen (MM)
1.    Sarjana (S1) dari semua disiplin ilmu dengan IPK minimal 2,75.
2.    Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM minimal B atau Baik Sekali pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010).
Magister Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik (MAP)
1.   Sarjana (S1) atau Diploma IV(D-IV) dari semua disiplin ilmu dengan IPK minimal 2,50.
2.   Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM minimal B atau Baik Sekali pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010).
Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI)
1.     Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa Inggris atau Bahasa dan Sastra Inggris dengan IPK minimal 2,50.
2.     Guru  Bahasa Inggris atau dosen Bahasa Inggris atau widyaiswara Bahasa Inggris atau pengajar kursus Bahasa Inggris (dibuktikan dengan SK dari Dinas P&K atau SK Yayasan/institusi penyelenggara pendidikan).
3.     Praktisi/pengembang materi pembelajaran bahasa Inggris.
4.     Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010).
Magister Pendidikan Matematika (MPMt)
1.  Sarjana (S1) Matematika, atau S1 Pendidikan     Matematika, Sarjana (S1) Statistika, S1 Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi dengan IPK minimal 2,50.
2.  Berstatus guru bidang studi Matematika, widyaiswara bidang Matematika, dosen bidang Matematika, atau pengajar kursus Matematika (ditunjukkan dengan SK dari Dinas P&K atau SK Yayasan/institusi penyelenggara pendidikan).
3. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010).
Magister Pendidikan Dasar (MPDr)
1.  Sarjana (S1) Pendidikan Dasar atau Sarjana (S1) Ilmu Pendidikan lainnya dengan IPK minimal 2,50.
2   Sarjana (S1) Non Kependidikan dan telah memiliki Akta Mengajar dengan IPK minimal 2,50.
3. Telah menjadi guru SD atau SMP atau Tenaga Kependidikan pada tingkat SD atau SMP (dibuktikan dengan SK dari Dinas P&K atau SK Yayasan).
4.  Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM Minimal B atau Baik Sekali pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010).
Magister Pendidikan Anak Usia Dini (MPAD)
1.   Sarjana (S1) Pendidikan atau Sarjana Psikologi atau Sarjana Bimbingan Konseling dengan IPK minimal 2,50.
2.   Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM.
Magister Manajemen Perikanan (MMP)
1.   Sarjana (S1) Ilmu Perikanan, atau Sarjana (S1) bidang keilmuan yang serumpun dengan Ilmu Perikanan, atau Diploma IV (D-IV) bidang Perikanan dengan IPK minimal 2,50.
2.   Sarjana (S1) non perikanan yang sudah bekerja dalam bidang perikanan dan atau kelautan minimal 5 tahun secara terus menerus (dikuatkan dengan SK terkait).
3.   Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010).
Program Magister Studi Lingkungan (MSL)
1.    Sarjana (S1) atau Diploma IV (D-IV) berbagai bidang ilmu atau bidang profesi dengan IPK minimal 2,50.
2.    Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM atau Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum 2010).

Catatan:

  • Apabila data PT asal tidak terdaftar pada PDDikti, diperlukan surat dari PT asal atau LLDikti yang menyatakan PT asal pernah terdaftar pada PDDikti.
  • Hasil tes masuk masih berlaku selama 2 (dua) semester terhitung sejak calon mahasiswa dinyatakan lulus tes masuk.

Persyaratan Pendaftaran & Seleksi Dokter Universitas Terbuka

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  1. Latar belakang Pendidikan
    • Sekurang-kurangnya telah lulus pendidikan jenjang S2 dari program studi yang terakreditasi minimum B.
    • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kelulusan minimum 3,00.
  2. Melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa program doktor dengan mengisi formulir pendaftaran.Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman UT (http://www.ut.ac.id) pada menu UT Online submenu “Registrasi Online, sesuai dengan jadwal dalam yang telah ditetapkan PPs-UT.
  3. Mengunggah kelengkapan berkas pendaftaran berupa:
    • Ijazah dan Transkrip S2 (hasil scan dokumen asli, @ satu lembar);
    • Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
    • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
    • Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
    • Formulir Isian Pasfoto, Sidik Jari, dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
    • Rancangan penelitian singkat (2.500-3.000 kata) untuk Tugas Akhir Program Doktor/TAPD (Disertasi) (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);
    • Surat Izin Mengikuti Program Doktor UT dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah(Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
    • Bukti telah mengikuti TPA/TKDA dan TOEFL/IELTS/TOEP dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal 500 untuk TPA/TKDA dan TOEFL/TOEP atau 5,0 untuk IELTS;
    • Rekomendasi Kelayakan mengikuti program doktor dari dosen S2, atasan, dan/atau sejawat (dua rekomendasi) (Lampiran 5 PDF) (Lampiran 5 WORD);
    • Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
    • Surat pernyataan kesiapan mengikuti program pendidikan doktor, sesuai dengan ketentuan UT, apabila dinyatakan lolos seleksi calon mahasiswa Program S3 UT (Lampiran 7 PDF) (Lampiran 7 WORD); serta
    • Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb)
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp1.000.000,00 (Satu Juta Rupiah) melalui bank mitra UT, yaitu: BRI, Bank Mandiri, BTN, atau BNI.
  5. Mengikuti seleksi administrasi dan tes masuk program S3, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan

SELEKSI

Kegiatan seleksi terdiri atas tiga tahap berikut.

  1. Seleksi administrasi (kelengkapan, otensitas, dan kesesuaian berkas pendaftaran)
  2. Tes masuk, dengan materi:
    • Tes Potensi Akademik (TPA)/Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA);
    • TOEFL/TOEP; dan
    • Tes Substansi.
  3. Wawancara

Mobile Banking

BRImo

Login aplikasi BRImo

Pilih menu BRIVA

Pilih Buat Pembayaran Baru

Masukkan nomor Virtual account BRI pada billing

Klik Lanjutkan

Periksa Transaksi lalu klik Bayar

Masukkan PIN BRImo

Klik OK, kemudian simpan bukti bayar

BNI Mobile

Login aplikasi BNI Mobile Banking

Pilih menu Pembayaran

Pilih Biaya Pendidikan

Pilih Universitas Terbuka

Masukkan nomor tagihan billing

Masukkan password

Klik Lanjut dan Selesai, kemudian simpan bukti bayar

Livin Mandiri

Login aplikasi Livin Mandiri

Pilih menu Bayar

Pilih Buat Pembayaran Baru

Pilih menu Pendidikan

Pilih Universitas Terbuka

Masukkan nomor tagihan billing

Klik Lanjut dan Konfirmasi

Klik Lanjut dan Selesai, kemudian simpan bukti bayar

BTN Mobile

Login aplikasi BTN Mobile Banking

Pilih menu Pembayaran

Pilih kategori Pendidikan

Pilih Universitas Terbuka

Pilih tipe pembayaran SPP

Masukin nomor tagihan billing

Klik Kirim

Masukkan PIN dan M-Token lalu Kirim, simpan bukti bayar.

BSI Mobile

Login aplikasi BSI Mobile Banking

Pilih menu Bayar

Pilih Akademik

Masukkan kode UT yaitu 2639

Masukin nomor tagihan billing

Proses pembayaran dengan verifikasi akun BSI mobile

Setelah selesai, simpan bukti bayar.

ATM

ATM Bank BRI

Pilih menu PEMBAYARAN/PEMBELIAN

Pilih PENDIDIKAN

Masukkan kode 009

Masukkan nomor tagihan billing

Setelah muncul konfirmasi Nama Pembayar dan Jumlah Pembayaran, kemudian pilih Ya

Simpan bukti bayar

ATM Bank Mandiri

Simpan bukti bayar

Pilih menu PEMBAYARAN/PEMBELIAN

Pilih PEMBAYARAN TAGIHAN

Pilih BIAYA PENDIDIKAN

Masukkan nomor tagihan billing

Setelah muncul Nama Pembayar dan Jumlah Pembayaran, pilih Lanjut

ATM Bank BNI

Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA

Pilih PEMBAYARAN

Masukkan kode 0115

Masukkan nomor tagihan billing

Setelah muncul konfirmasi Nama Pembayar dan Jumlah Pembayaran, kemudian pilih Ya

Simpan bukti bayar

ATM Bank BTN

Pilih menu “semua kategori” dan pilih “Biaya Pendidikan”

Pilih Universitas Terbuka (UT)

Masukkan Nomor Tagihan

Pilih metode pembayaran dan selesaikan pembayaran

Simpan bukti pembayaran

E-Commerce

Alfa Group

Akses LIP Pembayaran Anda dengan login di My UT

Tunjukkan LIP pembayaran atau nomor tagihan kepada petugas kasir

Lakukan proses pembayaran dan

Simpan bukti bayar

Indomaret

Akses LIP Pembayaran Anda dengan login di My UT

Tunjukkan LIP pembayaran atau nomor tagihan kepada petugas kasir

Lakukan proses pembayaran dan

Simpan bukti bayar

Tokopedia

Pilih menu “semua kategori” dan pilih “Biaya Pendidikan”

Pilih Universitas Terbuka (UT)

Masukkan Nomor Tagihan

Pilih metode pembayaran dan selesaikan pembayaran

Simpan bukti bayar