- 1. Sistem Paket Semester
- 2. Biaya Pendidikan
- 3. Biaya Layanan Administrasi
- 4. Persyaratan Berkas
- 5. Tata Cara Pembayaran
Skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS) terdiri dari SIPAS Non TTM, SIPAS Semi, SIPAS Penuh, SIPAS Plus, dan SIPAS Online. Adapun deskripsi komponen layanan setiap jenis SIPAS adalah sebagai berikut.
- SIPAS Non TTM, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, praktik/praktikum seluruh mata kuliah paket, Tutorial Online (Tuton), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Akhir Program (TAP), Karya Ilmiah, dan Pengambilan Ijazah.
- SIPAS Semi, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib maksimal 3 mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karya Ilmiah*) , Wisuda *), dan Pengambilan Ijazah.
- SIPAS Penuh, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karya Ilmiah *) , Wisuda *), dan Pengambilan Ijazah.
- SIPAS Plus, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karya Ilmiah *) , Wisuda *), Pengambilan Ijazah, dan pelatihan pengembangan diri.
- Non-SIPAS, layanan akademik dan administrasi akademik diberikan jika mahasiswa melakukan registrasi Mata Kuliah per sks.
Biaya pendidikan adalah biaya yang dikenakan kepada mahasiswa untuk penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan serta layanan administrasi akademik. Biaya pendidikan terdiri dari uang kuliah dan biaya layanan akademik lainnya. Uang kuliah UT tergantung dari skema layanan yang dipilih oleh mahasiswa yaitu skema layanan sistem paket semester (SIPAS) atau skema Non-SIPAS (per sks). Pembayaran biaya pendidikan dilakukan melalui Bank BTN, BRI, Bank Mandiri, BNI, Indomaret, Tokopedia, grup Alfa, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan PosPay.
Sarjana (S1)
Biaya Layanan Akademik Lainnya Program Diploma
No. | Program Studi | Jenjang | Tarif Per Semester (Rupiah) | ||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Registrasi Ulang MK | Registrasi Ulang PKM/ PKP | Registrasi Ulang Praktik / Praktikum |
Registrasi Ulang TAP |
Registrasi Karya Ilmiah |
|||
per sks | per Mata kuliah | per Mata kuliah |
per sks | per Mata kuliah |
|||
Rp | Rp | ||||||
A | PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA UNTUK MAHASISWA DALAM NEGERI | ||||||
1 | Perpajakan | Diploma III | 35.000 | 450.000 | |||
2 | Kearsipan | Diploma IV | 38.000 | 450.000 | |||
3 | PGSD SIPAS Non TTM | Sarjana | 75.000 | 700.000 | |||
4 | PGSD SIPAS Semi/AKPMM | Sarjana | 55.000 | 700.000 | |||
5 | PGPAUD SIPAS Non TTM | Sarjana | 75.000 | 700.000 | |||
6 | PG PAUD SIPAS Semi/AKPMM | Sarjana | 41.000 | 700.000 | |||
7 | PG PAUD SIPAS Penuh/Masukan Sarjana | Sarjana | 41.000 | 700.000 | |||
8 | PGSD Masukan Sarjana | Sarjana | 41.000 | 700.000 | 200.000 | ||
9 | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) |
Sarjana | 41.000 | 700.000 | 200.000 | ||
10 | Program Diploma dan Sarjana lainnya |
41.000 | 200.000*) | ||||
B | PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA UNTUK MAHASISWA MALAYSIA | ||||||
1 | PGSD SIPAS Semi | Sarjana | 41.000 | 900.000 | |||
2 | PGSD SIPAS Penuh | Sarjana | 41.000 | 900.000 |
*) Biaya registrasi pertama mata kuliah Karya Ilmiah di luar Uang Kuliah akan diberlakukan mulai semester 2023/2024 Genap (2024.1).
Biaya Uang Kuliah dan Layanan Akademik Lainnya per Semester Program Diploma dan Sarjana Non Sistem Paket Semester, serta informasi selengkapnya terdapat pada Katalog Sistem Penyelenggaraan.
Rincian Biaya Kuliah di Universitas Terbuka Skema Sistem Paket Semester
No. | Program Studi | Jenjang | Tarif Per Semester Berdasarkan Jenis Paket Layana | |||
---|---|---|---|---|---|---|
SIPAS Non TTM | SIPAS Semi | SIPAS Penuh | SIPAS Plus | |||
Rp | Rp | Rp | Rp | |||
A. Program Diploma | ||||||
1 | Perpajakan | Diploma III | 1.150.000 | |||
2 | Kearsipan | Diploma IV | 1.150.000 | 1.600.000 | 2.220.000 | 2.400.000 |
B. Program Sarjana | ||||||
1 | PGSD AKPMM | Sarjana | 1.600.000 | 1.700.000 | ||
2 | PGSD Masukan Sarjana | Sarjana | 2.700.000 | |||
3 | PGPAUD AKPMM | Sarjana | 2.000.000 | 2.500.000 | ||
4 | PGPAUD (untuk mahasiswa dengan paket tertinggal MR I sebelum 2017.1) | Sarjana | 1.600.000 | 1.900.000 | ||
5 | PGPAUD Masukan Sarjana | Sarjana | 3.300.000 | |||
6 | Perencanaan Wilayah dan Kota | Sarjana | 1.750.000 | 2.400.000 | ||
7 | Sistem Informasi | Sarjana | 1.800.000 | |||
8 | Pariwisata | Sarjana | 1.900.000 | 2.600.000 | 3.200.000 | 3.400.000 |
9 | Program Sarjana lainnya FEB, FHISIP, FST, FKIP | Sarjana | 1.300.000 | 1.750.000 | 2.200.000 | 2.400.000 |
C. Program Diploma dan Sarjana untuk Mahasiswa Luar Negeri | ||||||
1 | Mahasiswa di Luar Negeri FEB, FHISIP, FST, FKIP Non PGSD dan Non PGPAUD | Sarjana | 1.750.000 | |||
2 | Mahasiswa di Malaysia FKIP | |||||
PGSD | Sarjana | 3.200.000 | 3.650.000 | |||
FKIP PGPAUD | Sarjana | 3.300.000 |
Pascasarjana (S2 & S3)
Tarif Biaya Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka Dengan Registrasi Pertama Tahun Akademik 2022/23.2 (2023.1) dan 2023/24.1 (2023.2)
No. | Jenis Tarif | Satuan (Rp) | Komponen Layanan |
---|---|---|---|
A. Biaya Pendidikan Program Magister Bagi Mahasiswa di dalam Negeri | |||
1 | Tes Masuk | 750.000/Peserta | |
2 | Uang Kuliah PPS Program Magister Online | 8.500.000/semester | Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ), Layanan Administrasi Akademik, Bahan Ajar Cetak, Transkrip sementara, Tutorial Online(Tuton), Tutorial Webinar (Tuweb), Bimbingan Tesis Residensial (BTR), Publikasi Karya Ilmiah, Ujian Akhir Semester (UAS), Ijazah. |
3 | Biaya Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka | ||
a | Magister Manajemen (MM) | 8.500.000/semester | LPKBJJ, Layanan Administrasi Akademik, Bahan Ajar Cetak, Transkrip sementara, Tutorial Tatap Muka (TTM), Tuton, BTR, Publikasi Karya Ilmiah*), UAS, Ijazah. |
b | Magister Ilmu Administrasi Bidang Administrasi Publik (MAP) | 8.500.000/semester | |
c | Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) | 8.500.000/semester | |
d | Magister Pendidikan Matematika (MPMt) | 8.500.000/semester | |
e | Magister Pendidikan Dasar (MPDr) | 8.500.000/semester | |
f | Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan (MMP) | 8.500.000/semester | |
g | Magister Studi Lingkungan (MSL) | ||
– Biaya Kuliah | 8.500.000/mahasiswa | ||
– Biaya Program Matrikulasi | 100.000/sks mata kuliah matrikulasi | ||
4 | Ujian Sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM) | 6.000.000/mahasiswa | |
5 | Registrasi Ulang Mata Kuliah | 1.000.000/mata kuliah | Tutorial dan Ujian Akhir Semester |
6 | Layanan Administrasi Lewat Masa Studi | 1.000.000/semester | |
7 | Wisuda/Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) | 1.000.000 |
*) Publikasi hanya di jurnal Universitas Terbuka, biaya produksi di luar jurnal Universitas Terbuka ditangggung oleh mahasiswa
Tarif Biaya Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka Dengan Registrasi Pertama Sebelum Masa 2022/23.2 (2023.1)
No. | Jenis Tarif | Satuan (Rp) | Komponen Layanan |
---|---|---|---|
A. Biaya Pendidikan Program Magister Bagi Mahasiswa di dalam Negeri | |||
1 | Tes Masuk | 750.000/Peserta | |
2 | Uang Kuliah PPS Program Magister Online | 7.450.000/semester | Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ), Layanan Administrasi Akademik, Bahan Ajar Cetak, Transkrip sementara, Tutorial Online (Tuton), Tutorial Webinar (Tuweb), Bimbingan Tesis Residensial (BTR), Publikasi Karya Ilmiah, Ujian Akhir Semester (UAS), Ijazah. |
3 | Biaya Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka Tipe A Semester 1 (satu) sampai dengan 4 (empat) | ||
a | Magister Manajemen (MM) | 7.450.000/semester | LPKBJJ, Layanan Administrasi Akademik, Bahan Ajar Cetak, Transkrip sementara, Tutorial Tatap Muka (TTM), Tuton, BTR, Publikasi Karya Ilmiah*), UAS, Ijazah. |
b | Magister Ilmu Administrasi Bidang Administrasi Publik (MAP) | 7.450.000/semester | |
c | Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) | 7.450.000/semester | |
d | Magister Pendidikan Matematika (MPMt) | 7.450.000/semester | |
e | Magister Pendidikan Dasar (MPDr) | 7.450.000/semester | |
f | Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan (MMP) | 7.450.000/semester | |
4 | Magister Studi Lingkungan (MSL) | ||
a | Biaya Admisi | 750.000/peserta | |
b | Biaya Program Matrikulasi | 100.000/sks mata kuliah Matrikulasi | |
c | Uang Kuliah per Semester **) | 8.000.000/semester | |
d | Biaya Ujian Sidang Tugas Akhir Program | 6.500.000/mahasiswa | |
e | Registrasi Ulang Mata Kuliah | 1.000.000/mata kuliah | |
f | Registrasi Lewat Masa Studi | 1.000.000/semester | |
5 | Ujian Sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM) Tipe A | ||
a | Ujian Sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM) | 6.000.000/mahasiswa | |
b | Registrasi Ulang Mata Kuliah | 1.000.000/mata kuliah | Tutorial dan Ujian Akhir Semester |
c | Layanan Administrasi Lewat Masa Studi | 1.000.000/semester | |
6 | Biaya Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka Tipe B Semester 1 (satu) sampai dengan 4 (empat) | ||
a | Magister Manajemen (MM) | 9.350.000/semester | LPKBJJ, Layanan Administrasi Akademik, Bahan Ajar Cetak, Transkrip sementara, Tutorial Tatap Muka (TTM), Tuton, BTR, Publikasi Karya Ilmiah*), UAS, Ijazah. |
b | Magister Ilmu Administrasi Bidang Administrasi Publik (MAP) | 9.350.000/semester | |
c | Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) | 9.350.000/semester | |
d | Magister Pendidikan Matematika (MPMt) | 9.350.000/semester | |
e | Magister Pendidikan Dasar (MPDr) | 9.350.000/semester | |
f | Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan (MMP) | 9.350.000/semester | |
7 | Ujian Sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM) Tipe B | ||
a | Ujian Sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM) | 7.900.000/mahasiswa | |
b | Registrasi Ulang Mata Kuliah | 1.000.000/semester | Tutorial dan Ujian Akhir Semester |
c | Layanan Administrasi Lewat Masa Studi | 1.000.000/semester |
*) Publikasi hanya di jurnal Universitas Terbuka, biaya produksi di luar jurnal Universitas Terbuka ditangggung oleh mahasiswa
Tarif Biaya Pendidikan Doktor Universitas Terbuka
No. | Jenis Tarif | Doktor (Rp) |
---|---|---|
1 | Biaya Admisi | 1.000.000/peserta |
2 | Biaya Program Matrikulasi | 6.000.000/peserta |
3 | Uang Kuliah per Semester **) | 12.500.000/semester |
4 | Biaya Ujian Sidang Tugas Akhir Program | 8.000.000/mahasiswa |
5 | Registrasi Ulang Mata Kuliah | 1.000.000/mata kuliah |
6 | Registrasi Lewat Masa Studi | 1.000.000/semester |
*) Tarif dapat berubah sesuai dengan peraturan yang berlaku **) Untuk Program Doktor Semester I-VIII
Biaya Layanan Akademik Lainnya
No | Jenis Layanan | Satuan | Tarif |
---|---|---|---|
1 | Biaya pendaftaran mahasiswa baru | Per pendaftaran | Rp 100.000,00 |
2 | Biaya pengusulan RPL | Per pengusulan | Rp 300.000,00 |
3 | Penggantian Kartu Mahasiswa | Per kartu | Rp 300.000,00 |
4 | Bahan Ajar (Non-SIPAS) | Per buku | Sesuai harga bahan ajar |
5 | TTM Atpem *) | Per mata kuliah | Rp 150.000,00 |
6 | Ujian Online (UO) | Per mata kuliah | Rp 150.000,00 |
7 | Biaya Administrasi Bank | Per transaksi | Sesuai biaya Bank BTN, Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BNI |
8 | Biaya Wisuda **) | Per mahasiswa | Rp 750.000,00 |
9 | Biaya Penerbitan Salinan dan Legalisasi Ijazah dan Transkrip Nilai | Per set (10 Lembar) | Rp 50.000,00 |
10 | Biaya Penerbitan Salinan dan Legalisasi Ijazah dan Transkrip L | Per Satuan Per Paket | Rp 150.000,00 |
Persyaratan yang harus dimiliki calon mahasiswa SPs-UT sebagai berikut:
- Mempunyai akses jaringan Internet, baik milik sendiri, kantor, sewa, ataupun menggunakan fasilitas umum.
- Mampu menggunakan Internet untuk berkomunikasi dan mengunduh (download) atau mengunggah (upload) informasi dan data.
- Memiliki alamat e–mail (e–mail account) yang aktif yang akan digunakan untuk berkomunikasi selama menjadi mahasiswa SPs-UT.
Persyaratan Pendaftaran & Seleksi Magister Universitas Terbuka
PERSYARATAN BERKAS
- Mengunggah kelengkapan berkas pendaftaran berupa:
- Ijazah dan Transkrip S1 yang telah dilegalisasi;
- Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
- Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
- Sertifikat akreditasi program studi (Ijazah S1/D-IV dilengkapi transkrip dari calon mahasiswa harus berasal dari perguruan tinggi yang mendapatkan izin penyelenggaraan dari Dikti (harus terdaftar di PDDikti/Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) atau dari universitas luar negeri yang ijasahnya disetarakan S1 oleh Dikti. Apabila data PT asal tidak terdaftar pada PDDikti, diperlukan surat dari PT asal atau pihak berwenang lain yang menyatakan PT asal pernah terdaftar pada PDDikti) pada tahun lulus ijazah .
- Bukti telah mengikuti Tes Bahasa Inggris pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal setara nilai ITP-TOEFL 450 (Jika ada).Sertifikat TOEFL yang diakui UT adalah ITP-TOEFL. UT juga mengakui tes iBT-TOEFL, IELTS, dan Tes Bahasa Inggris dari Lembaga/Pusat Bahasa Perguruan Tinggi dengan konversi skor seperti tertera di atas.
- Bukti telah mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masingmasing minimal setara nilai TPA 450 (Jika ada). Sertifikat TPA yang diakui UT adalah TKDA dari PLTI dan TPA dari Bappenas
- Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
- Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
- Formulir Isian Pasfoto dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
- Rancangan penelitian singkat (1.000-1.500 kata) untuk tesis (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);.
- Surat Izin Mengikuti Program Magister dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah(Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
- Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
- Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD)).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb)
- Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 750.000,00 (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) melalui bank mitra UT, yaitu: BRI, Bank Mandiri, BTN, atau BNI.
- Mengikuti seleksi administrasi dan tes masuk program S2, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan
SELEKSI
Kegiatan seleksi terdiri atas tiga tahap berikut.
- Seleksi administrasi (kelengkapan, otensitas, dan kesesuaian berkas pendaftaran)
- Tes masuk, dengan materi:
- Tes Potensi Akademik (TPA)/Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA);
- TOEFL/TOEP; dan
- Tes Substansi.
Persyaratan Mengikuti Program Magister Universitas Terbuka
Calon mahasiswa yang dapat mengikuti pendidikan di Program Pascasarjana Universitas Terbuka harus memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan ketentuan dan telah dinyatakan lulus tes masuk. Hal-hal yang terkait dengan persyaratan ijazah dan tes masuk sebagai berikut.
Program yang Ditawarkan | Persyaratan |
---|---|
Magister Manajemen (MM) |
1. Sarjana (S1) dari semua disiplin ilmu dengan IPK minimal 2,75.2. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM minimal B atau Baik Sekali pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010). |
Magister Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik (MAP) |
1. Sarjana (S1) atau Diploma IV(D-IV) dari semua disiplin ilmu dengan IPK minimal 2,50.2. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM minimal B atau Baik Sekali pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010). |
Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) |
1. Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa Inggris atau Bahasa dan Sastra Inggris dengan IPK minimal 2,50.2. Guru Bahasa Inggris atau dosen Bahasa Inggris atau widyaiswara Bahasa Inggris atau pengajar kursus Bahasa Inggris (dibuktikan dengan SK dari Dinas P&K atau SK Yayasan/institusi penyelenggara pendidikan).3. Praktisi/pengembang materi pembelajaran bahasa Inggris.4. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010). |
Magister Pendidikan Matematika (MPMt) |
1. Sarjana (S1) Matematika, atau S1 Pendidikan Matematika, Sarjana (S1) Statistika, S1 Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi dengan IPK minimal 2,50.2. Berstatus guru bidang studi Matematika, widyaiswara bidang Matematika, dosen bidang Matematika, atau pengajar kursus Matematika (ditunjukkan dengan SK dari Dinas P&K atau SK Yayasan/institusi penyelenggara pendidikan).3. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010). |
Magister Pendidikan Dasar (MPDr) |
1. Sarjana (S1) Pendidikan Dasar atau Sarjana (S1) Ilmu Pendidikan lainnya dengan IPK minimal 2,50.2 Sarjana (S1) Non Kependidikan dan telah memiliki Akta Mengajar dengan IPK minimal 2,50.3. Telah menjadi guru SD atau SMP atau Tenaga Kependidikan pada tingkat SD atau SMP (dibuktikan dengan SK dari Dinas P&K atau SK Yayasan).4. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM Minimal B atau Baik Sekali pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010). |
Magister Pendidikan Anak Usia Dini (MPAD) |
1. Sarjana (S1) Pendidikan atau Sarjana Psikologi atau Sarjana Bimbingan Konseling dengan IPK minimal 2,50.2. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM. |
Magister Manajemen Perikanan (MMP) |
1. Sarjana (S1) Ilmu Perikanan, atau Sarjana (S1) bidang keilmuan yang serumpun dengan Ilmu Perikanan, atau Diploma IV (D-IV) bidang Perikanan dengan IPK minimal 2,50.2. Sarjana (S1) non perikanan yang sudah bekerja dalam bidang perikanan dan atau kelautan minimal 5 tahun secara terus menerus (dikuatkan dengan SK terkait).3. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010). |
Program Magister Studi Lingkungan (MSL) |
1. Sarjana (S1) atau Diploma IV (D-IV) berbagai bidang ilmu atau bidang profesi dengan IPK minimal 2,50.2. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM atau Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum 2010). |
Catatan:
- Apabila data PT asal tidak terdaftar pada PDDikti, diperlukan surat dari PT asal atau LLDikti yang menyatakan PT asal pernah terdaftar pada PDDikti.
- Hasil tes masuk masih berlaku selama 2 (dua) semester terhitung sejak calon mahasiswa dinyatakan lulus tes masuk.
Persyaratan Pendaftaran & Seleksi Dokter Universitas Terbuka
PERSYARATAN PENDAFTARAN
- Latar belakang Pendidikan
- Sekurang-kurangnya telah lulus pendidikan jenjang S2 dari program studi yang terakreditasi minimum B.
- Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kelulusan minimum 3,00.
- Melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa program doktor dengan mengisi formulir pendaftaran.Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman UT (http://www.ut.ac.id) pada menu UT Online submenu “Registrasi Online”, sesuai dengan jadwal dalam yang telah ditetapkan PPs-UT.
- Mengunggah kelengkapan berkas pendaftaran berupa:
- Ijazah dan Transkrip S2 (hasil scan dokumen asli, @ satu lembar);
- Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
- Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
- Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
- Formulir Isian Pasfoto, Sidik Jari, dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
- Rancangan penelitian singkat (2.500-3.000 kata) untuk Tugas Akhir Program Doktor/TAPD (Disertasi) (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);
- Surat Izin Mengikuti Program Doktor UT dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah(Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
- Bukti telah mengikuti TPA/TKDA dan TOEFL/IELTS/TOEP dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal 500 untuk TPA/TKDA dan TOEFL/TOEP atau 5,0 untuk IELTS;
- Rekomendasi Kelayakan mengikuti program doktor dari dosen S2, atasan, dan/atau sejawat (dua rekomendasi) (Lampiran 5 PDF) (Lampiran 5 WORD);
- Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
- Surat pernyataan kesiapan mengikuti program pendidikan doktor, sesuai dengan ketentuan UT, apabila dinyatakan lolos seleksi calon mahasiswa Program S3 UT (Lampiran 7 PDF) (Lampiran 7 WORD); serta
- Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb)
- Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp1.000.000,00 (Satu Juta Rupiah) melalui bank mitra UT, yaitu: BRI, Bank Mandiri, BTN, atau BNI.
- Mengikuti seleksi administrasi dan tes masuk program S3, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan
SELEKSI
Kegiatan seleksi terdiri atas tiga tahap berikut.
- Seleksi administrasi (kelengkapan, otensitas, dan kesesuaian berkas pendaftaran)
- Tes masuk, dengan materi:
- Tes Potensi Akademik (TPA)/Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA);
- TOEFL/TOEP; dan
- Tes Substansi.
- Wawancara
- 1. Sistem Paket Semester
- 2. Biaya Pendidikan
- 3. Biaya Layanan Administrasi
- 4. Persyaratan Berkas
- 5. Tata Cara Pembayaran
Skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS) terdiri dari SIPAS Non TTM, SIPAS Semi, SIPAS Penuh, SIPAS Plus, dan SIPAS Online. Adapun deskripsi komponen layanan setiap jenis SIPAS adalah sebagai berikut.
- SIPAS Non TTM, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, praktik/praktikum seluruh mata kuliah paket, Tutorial Online (Tuton), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Akhir Program (TAP), Karya Ilmiah, dan Pengambilan Ijazah.
- SIPAS Semi, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib maksimal 3 mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karya Ilmiah*) , Wisuda *), dan Pengambilan Ijazah.
- SIPAS Penuh, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karya Ilmiah *) , Wisuda *), dan Pengambilan Ijazah.
- SIPAS Plus, meliputi layanan: LPKBJJ (OSMB dan PKBJJ), administrasi akademik, transkrip sementara, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karya Ilmiah *) , Wisuda *), Pengambilan Ijazah, dan pelatihan pengembangan diri.
- Non-SIPAS, layanan akademik dan administrasi akademik diberikan jika mahasiswa melakukan registrasi Mata Kuliah per sks.
Biaya pendidikan adalah biaya yang dikenakan kepada mahasiswa untuk penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan serta layanan administrasi akademik. Biaya pendidikan terdiri dari uang kuliah dan biaya layanan akademik lainnya. Uang kuliah UT tergantung dari skema layanan yang dipilih oleh mahasiswa yaitu skema layanan sistem paket semester (SIPAS) atau skema Non-SIPAS (per sks). Pembayaran biaya pendidikan dilakukan melalui Bank BTN, BRI, Bank Mandiri, BNI, Indomaret, Tokopedia, grup Alfa, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan PosPay.
Biaya Layanan Akademik Lainnya
No | Jenis Layanan | Satuan | Tarif |
---|---|---|---|
1 | Biaya pendaftaran mahasiswa baru | Per pendaftaran | Rp 100.000,00 |
2 | Biaya pengusulan RPL | Per pengusulan | Rp 300.000,00 |
3 | Penggantian Kartu Mahasiswa | Per kartu | Rp 300.000,00 |
4 | Bahan Ajar (Non-SIPAS) | Per buku | Sesuai harga bahan ajar |
5 | TTM Atpem *) | Per mata kuliah | Rp 150.000,00 |
6 | Ujian Online (UO) | Per mata kuliah | Rp 150.000,00 |
7 | Biaya Administrasi Bank | Per transaksi | Sesuai biaya Bank BTN, Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BNI |
8 | Biaya Wisuda **) | Per mahasiswa | Rp 750.000,00 |
9 | Biaya Penerbitan Salinan dan Legalisasi Ijazah dan Transkrip Nilai | Per set (10 Lembar) | Rp 50.000,00 |
10 | Biaya Penerbitan Salinan dan Legalisasi Ijazah dan Transkrip L | Per Satuan Per Paket | Rp 150.000,00 |
Persyaratan yang harus dimiliki calon mahasiswa SPs-UT sebagai berikut:
- Mempunyai akses jaringan Internet, baik milik sendiri, kantor, sewa, ataupun menggunakan fasilitas umum.
- Mampu menggunakan Internet untuk berkomunikasi dan mengunduh (download) atau mengunggah (upload) informasi dan data.
- Memiliki alamat e–mail (e–mail account) yang aktif yang akan digunakan untuk berkomunikasi selama menjadi mahasiswa SPs-UT.
Persyaratan Pendaftaran & Seleksi Magister Universitas Terbuka
PERSYARATAN BERKAS
- Mengunggah kelengkapan berkas pendaftaran berupa:
- Ijazah dan Transkrip S1 yang telah dilegalisasi;
- Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
- Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
- Sertifikat akreditasi program studi (Ijazah S1/D-IV dilengkapi transkrip dari calon mahasiswa harus berasal dari perguruan tinggi yang mendapatkan izin penyelenggaraan dari Dikti (harus terdaftar di PDDikti/Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) atau dari universitas luar negeri yang ijasahnya disetarakan S1 oleh Dikti. Apabila data PT asal tidak terdaftar pada PDDikti, diperlukan surat dari PT asal atau pihak berwenang lain yang menyatakan PT asal pernah terdaftar pada PDDikti) pada tahun lulus ijazah .
- Bukti telah mengikuti Tes Bahasa Inggris pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal setara nilai ITP-TOEFL 450 (Jika ada).Sertifikat TOEFL yang diakui UT adalah ITP-TOEFL. UT juga mengakui tes iBT-TOEFL, IELTS, dan Tes Bahasa Inggris dari Lembaga/Pusat Bahasa Perguruan Tinggi dengan konversi skor seperti tertera di atas.
- Bukti telah mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masingmasing minimal setara nilai TPA 450 (Jika ada). Sertifikat TPA yang diakui UT adalah TKDA dari PLTI dan TPA dari Bappenas
- Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
- Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
- Formulir Isian Pasfoto dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
- Rancangan penelitian singkat (1.000-1.500 kata) untuk tesis (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);.
- Surat Izin Mengikuti Program Magister dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah(Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
- Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
- Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD)).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb)
- Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 750.000,00 (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) melalui bank mitra UT, yaitu: BRI, Bank Mandiri, BTN, atau BNI.
- Mengikuti seleksi administrasi dan tes masuk program S2, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan
SELEKSI
Kegiatan seleksi terdiri atas tiga tahap berikut.
- Seleksi administrasi (kelengkapan, otensitas, dan kesesuaian berkas pendaftaran)
- Tes masuk, dengan materi:
- Tes Potensi Akademik (TPA)/Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA);
- TOEFL/TOEP; dan
- Tes Substansi.
Persyaratan Mengikuti Program Magister Universitas Terbuka
Calon mahasiswa yang dapat mengikuti pendidikan di Program Pascasarjana Universitas Terbuka harus memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan ketentuan dan telah dinyatakan lulus tes masuk. Hal-hal yang terkait dengan persyaratan ijazah dan tes masuk sebagai berikut.
Program yang Ditawarkan | Persyaratan |
---|---|
Magister Manajemen (MM) |
1. Sarjana (S1) dari semua disiplin ilmu dengan IPK minimal 2,75.2. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM minimal B atau Baik Sekali pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010). |
Magister Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik (MAP) |
1. Sarjana (S1) atau Diploma IV(D-IV) dari semua disiplin ilmu dengan IPK minimal 2,50.2. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM minimal B atau Baik Sekali pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010). |
Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) |
1. Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa Inggris atau Bahasa dan Sastra Inggris dengan IPK minimal 2,50.2. Guru Bahasa Inggris atau dosen Bahasa Inggris atau widyaiswara Bahasa Inggris atau pengajar kursus Bahasa Inggris (dibuktikan dengan SK dari Dinas P&K atau SK Yayasan/institusi penyelenggara pendidikan).3. Praktisi/pengembang materi pembelajaran bahasa Inggris.4. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010). |
Magister Pendidikan Matematika (MPMt) |
1. Sarjana (S1) Matematika, atau S1 Pendidikan Matematika, Sarjana (S1) Statistika, S1 Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi dengan IPK minimal 2,50.2. Berstatus guru bidang studi Matematika, widyaiswara bidang Matematika, dosen bidang Matematika, atau pengajar kursus Matematika (ditunjukkan dengan SK dari Dinas P&K atau SK Yayasan/institusi penyelenggara pendidikan).3. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010). |
Magister Pendidikan Dasar (MPDr) |
1. Sarjana (S1) Pendidikan Dasar atau Sarjana (S1) Ilmu Pendidikan lainnya dengan IPK minimal 2,50.2 Sarjana (S1) Non Kependidikan dan telah memiliki Akta Mengajar dengan IPK minimal 2,50.3. Telah menjadi guru SD atau SMP atau Tenaga Kependidikan pada tingkat SD atau SMP (dibuktikan dengan SK dari Dinas P&K atau SK Yayasan).4. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM Minimal B atau Baik Sekali pada tahun kelulusan atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010). |
Magister Pendidikan Anak Usia Dini (MPAD) |
1. Sarjana (S1) Pendidikan atau Sarjana Psikologi atau Sarjana Bimbingan Konseling dengan IPK minimal 2,50.2. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM. |
Magister Manajemen Perikanan (MMP) |
1. Sarjana (S1) Ilmu Perikanan, atau Sarjana (S1) bidang keilmuan yang serumpun dengan Ilmu Perikanan, atau Diploma IV (D-IV) bidang Perikanan dengan IPK minimal 2,50.2. Sarjana (S1) non perikanan yang sudah bekerja dalam bidang perikanan dan atau kelautan minimal 5 tahun secara terus menerus (dikuatkan dengan SK terkait).3. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM atau memiliki Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum tahun 2010). |
Program Magister Studi Lingkungan (MSL) |
1. Sarjana (S1) atau Diploma IV (D-IV) berbagai bidang ilmu atau bidang profesi dengan IPK minimal 2,50.2. Prodi asal terakreditasi BAN PT/LAM atau Izin penyelenggaraan (untuk lulusan sebelum 2010). |
Catatan:
- Apabila data PT asal tidak terdaftar pada PDDikti, diperlukan surat dari PT asal atau LLDikti yang menyatakan PT asal pernah terdaftar pada PDDikti.
- Hasil tes masuk masih berlaku selama 2 (dua) semester terhitung sejak calon mahasiswa dinyatakan lulus tes masuk.
Persyaratan Pendaftaran & Seleksi Dokter Universitas Terbuka
PERSYARATAN PENDAFTARAN
- Latar belakang Pendidikan
- Sekurang-kurangnya telah lulus pendidikan jenjang S2 dari program studi yang terakreditasi minimum B.
- Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kelulusan minimum 3,00.
- Melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa program doktor dengan mengisi formulir pendaftaran.Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman UT (http://www.ut.ac.id) pada menu UT Online submenu “Registrasi Online”, sesuai dengan jadwal dalam yang telah ditetapkan PPs-UT.
- Mengunggah kelengkapan berkas pendaftaran berupa:
- Ijazah dan Transkrip S2 (hasil scan dokumen asli, @ satu lembar);
- Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
- Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
- Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
- Formulir Isian Pasfoto, Sidik Jari, dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
- Rancangan penelitian singkat (2.500-3.000 kata) untuk Tugas Akhir Program Doktor/TAPD (Disertasi) (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);
- Surat Izin Mengikuti Program Doktor UT dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah(Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
- Bukti telah mengikuti TPA/TKDA dan TOEFL/IELTS/TOEP dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal 500 untuk TPA/TKDA dan TOEFL/TOEP atau 5,0 untuk IELTS;
- Rekomendasi Kelayakan mengikuti program doktor dari dosen S2, atasan, dan/atau sejawat (dua rekomendasi) (Lampiran 5 PDF) (Lampiran 5 WORD);
- Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
- Surat pernyataan kesiapan mengikuti program pendidikan doktor, sesuai dengan ketentuan UT, apabila dinyatakan lolos seleksi calon mahasiswa Program S3 UT (Lampiran 7 PDF) (Lampiran 7 WORD); serta
- Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb)
- Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp1.000.000,00 (Satu Juta Rupiah) melalui bank mitra UT, yaitu: BRI, Bank Mandiri, BTN, atau BNI.
- Mengikuti seleksi administrasi dan tes masuk program S3, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan
SELEKSI
Kegiatan seleksi terdiri atas tiga tahap berikut.
- Seleksi administrasi (kelengkapan, otensitas, dan kesesuaian berkas pendaftaran)
- Tes masuk, dengan materi:
- Tes Potensi Akademik (TPA)/Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA);
- TOEFL/TOEP; dan
- Tes Substansi.
- Wawancara