Syarat Berkas dan Alur Pendaftaran Mahasiswa Baru UT Jalur RPL (Alih Kredit)







š¢ Berkas umum dan berkas persyaratan khusus wajib di unggah oleh calon mahasiswa sesuai jalur RPL yang dipilih.
Prosedur Pendaftaran Calon Mahasiswa
- Membuat akun pada lamanĀ admisi-sia.ut.ac.idĀ sebagaiĀ Pendaftaran Calon Mahasiswa, kemudian mengisi data diri secara lengkap dan benar.
- Melakukan aktivasi akun melalui tautan yang dikirim ke email terdaftar. Jika email aktivasi akun tidak masuk ke email calon mahasiswa gunakan fasilitas aktivasi ulang melalui link sl.ut.ac.id/aktivasi84 (gunakan email yang digunakan ketika mendaftar untuk aktivasi ulang)
- Masuk kembali ke laman admisi-sia.ut.ac.id sebagai calon mahasiswa menggunakan email dan kata sandi yang telah didaftarkan.
- Melakukan pembayaran tagihan admisiĀ sesuai dengan informasi pada Lembar Informasi Pembayaran (LIP) yang tersedia.
- Setelah pembayaran berstatusĀ LUNAS, lanjutkan pengisian data diri calon mahasiswa danĀ unggah berkas wajib secara lengkap dan benar. Pastikan untuk mengklik tombol āSimpan dan Selanjutnyaā.
- Menunggu proses validasi data, maksimal dalam waktu 3 Ć 24 jam (hari kerja).
- Setelah data dinyatakan valid, status akan berubah menjadiĀ āSudah Validasiā, dan calon mahasiswa akan memperolehĀ NIM, email, dan kata sandi untuk masuk ke myut.ut.ac.id (cek di email calon mahasiswa)
- Jika berkas tidak valid, status akan menjadiĀ āGagal Validasiā, dan calon mahasiswa harusĀ mengunggah ulang berkas sesuai ketentuan untuk diproses kembali.
- Setelah memperoleh NIM, lakukan validasi tahap 2 dengan memilih opsiĀ āMelanjutkan Program RPLāĀ atau membatalkan program RPL dengan memilih opsiĀ āPengunduran RPLā melalui laman myut.ut.ac.id
- Calon mahasiswa RPL yangĀ melanjutkan RPLĀ dapat:
- Mengunggah berkas RPL
- Mengisi Daftar Mata Kuliah Ajuan RPL
- Mengisi Form Evaluasi Diri secara lengkap dan sesuai (Nilai diri Anda secara jujur untuk setiap kriteria capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) dengan memilih tingkat profesiensi (misalnya, sangat baik, baik, atau tidak pernah). Setelah selesai mengisi form evaluasi diri klik simpan dan ajukan
- Menunggu proses validasi berkas tahap 2 dan 3. Setelah validasi selesai, calon mahasiswa dapat melihat hasil RPL, berupa mata kuliah yang dibebaskan maupun yang ditolak.
- Jika ada mata kuliah yang ditolak,Ā calon mahasiswa RPL dapat mengajukan sanggahan RPLĀ maksimal 5 hari kerja sejak tanggal keputusan. Sanggahan hanya dapat diajukanĀ satu kali.
- Jika hasil RPL dari calon mahasiswa sudah sesuai maka silahkan melakukan registrasi mata kuliah lalu lakukan pembayaran biaya registrasi mata kuliah sesuai LIP yang diterbitkan. Pembayaran dapat dilakukan melalui mitra perbankan (Bank BRI/BTN/Mandiri/BNI/BSI, Tokopedia, Indomaret, Alfa Group, dan Pospay).
ā ļø Calon mahasiswa yang lupa password login admisi silahkan gunakan fasilitas reset password melalui link sl.ut.ac.id/reset_password (gunakan email yg digunakan ketika mendaftar) setelah di reset cek email untuk password baru
Panduan Registrasi Mata Kuliah Non Sistem Paket sl.ut.ac.id/nonpaketmdo
Salam sehat selalu
Terima kasih
